Inilah Perbedaan Kamera Mirroless dengan DSLR yang Wajib Kamu Ketahui !


Poseed – Di era teknologi seperti sekarang ini, kebutuhan akan kamera mulai semakin meningkat. Dari tahun ke tahun, jumlah produksi kamera di seluruh dunia terus bertambah karena banyaknya masyarakat yang membutuhkan kamera. Kalau dulu kamera DSLR sempat populer dan diminati oleh banyak orang, beberapa tahun belakangan ini kamera mirrorless telah mengalahkan popularitas tersebut.
image.png
Banyak orang tertarik untuk menggunakan kamera mirrorless karena bentuk dan ukurannya yang lebih sederhana dari DSLR sehingga mudah untuk dibawa-bawa. Tapi, beberapa peminat kamera dan fotografer profesional sempat meragukan manfaat kamera mirrorless. Mereka menganggap kamera tersebut tidak cukup tepat untuk menghasilkan foto yang berkualitas.
Lalu sebenarnya apa sih perbedaan antara DSLR dengan mirrorless?
1. Tidak Adanya Rakitan Mirror
image.png
Seperti namanya, mirrorless tidak memiliki rakitan mirror di dalamnya. Hal ini berpengaruh pada cahaya yang direfleksikan ke kamera. Pada DSLR, pemotret bisa melihat gambar lewat optical viewfinder. Sementara pada mirrorless pemotret hanya bisa melihat komposisi lewat mode live view pada LCD. Tidak adanya viewfinder ini dapat mengurangi penglihatan kita pada kamera ketika berada di tempat yang kurang penerangan.
2. Perbedaan Kontrol Manual
image.png
Banyak orang berpikir mirrorless adalah kamera yang tepat untuk dipakai oleh pemula. Padahal, kontrol pada mirrorless lebih banyak mengutamakan kontrol manual daripada otomatis. Pada DSLR, pemula bisa mengandalkan pengaturan otomatis untuk mengambil gambar, sementara pada mirrorless pemotret harus sudah mengenal cara kontrol pada kamera lebih dulu agar bisa menggunakannya.
3. Ketahanan Baterai
image.png
Baterai DSLR punya daya tahan lebih lama ketimbang baterai mirrorless. Ketika hunting foto menggunakan mirrorless, pemilik kamera harus menyediakan baterai cadangan lebih banyak dibandingkan ketika huntingmenggunakan DSLR.
4. Fitur yang Lebih Cepat
image.png
Sebagai pengembangan dari kamera DSLR, mirrorless menyajikan fitur high-end yang bisa meningkatkan kualitas gambar. Untuk pengambilan gambar continuous dan perekaman video, mirrorless punya keunggulan untuk melakukan semuanya secara cepat namun dengan kualitas gambar yang lebih baik.
Setelah Sahabat Poseed tahu beberapa keunggulan dan kekurangan dari DSLR dan Mirrorless, apakah akan terus hunting gambar dengan camera yang ada? Atau akan beralih pada camera yang menurut kalian lebih worth it?
Poseed Official:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jelly Grip Smartphone Tripod : Tripod yang Super Fleksibel

Ternyata Inilah Asal Usul Thai Tea yang Belum Banyak di Ketahui !

Lakukan Persiapan Ini Sebelum Datang ke We The Fest 2017