Bingung Nagih Hutang ke Teman? Coba Cara Ini


Poseed – Memiliki banyak teman pasti ada suka dan duka yang dirasakan, terlebih lagi membuat lebih mengetahui karakter seseorang. Ada teman yang baik tapi moody, ada yang gengsi-an dan ada juga yang suka lupa dengan hutangnya. Wah yang terakhir kayanya sering terjadi dalam kehidupan pertemanan, seperti pepatah kekinian yang mengatakan “sering terjadi di kota-kota besar”.
Sahabat Poseed punya pengalaman seperti ini? Terkadang teman yang ngutang tetapi jadi diri sendiri yang nggak enak nagih.Pernah ada di situasi seperti itu? Nah ini ada beberapa ’kode-kode’ untuk menagih hutang ke teman secara halus tanpa membuatnya tersinggung.
1.”Duh gue bokek nih”
image.png
Jika Sahabat Poseed merasa tak enak hati untuk menagih hutang saat bersama teman tersebut, berilah kode terlebih dahulu misalnya ”duh gue bokek nih padahal mau beli kuota internet tapi di ATM uangnya nggak cukup”, jika kalian sedang berbelanja atau sekedar windows shopping coba untuk mengatakan ”bagus sih barangnya, tapi uangku belum cukup karena lagi kere” jangan lupa unutk memasang muka melas dan mata nanar.
Jika kalian merasa kode ini tidak ngena ke si teman tersebut, diakhir kalimat kalian bisa mengatakan ”eh iya kamu masih ada hutang ke aku ya yang makan di resto X, tambahin aku buat beli ini dong”.
2.Pinjamlah duitnya
image.png
Karakter teman memang berbagai macamnya ya, misalnya teman yang susah banget di tagih hutangnya atau sengaja sok lupa sama hutangnya tapi mewah banget di pergaulan. Nah jika Sahabat Poseed berurusan dengan teman seperti ini, kalian bisa menggunakan kode gantian meminjam duit ke dia dan bisa juga beri drama kalau dompet Sahabat Poseed sudah tipis banget atau akting, dan utarakan kalau kalian lagi butuh uang alias BU. Kalian bisa menggunakan trik misalnya seperti ”Bro gue lagi BU nih, buat benerin motor, Gue pinjem uang lo dulu dong nanti potong aja dari utang lo yang kemarin”. Jika temanmu masih belum ngeh juga, pakailah trik drama sinetron ”duh aku lagi BU banget nih, mau beliin kado untuk mama ,kalau kamu udah transfer hutang kamu kabarin aku secepatnya ya”. Akan tetapi ingat ya, jangan sampai malah kalian yang berhutang ke dia.
3.Sindirlah si Dia
image.png
Saat teman kalian meminjam uang, pasti dia berjanji melunasi hutangnya saat mendapatkan uang jajan atau gajian. Sahabat Poseed hanya perlu ketelitian memperhatikan kapan teman kalian terlihat banyak uang dan saat itu katakanlah ”cieee banyak duit nih, traktir bisa kali” , “duh gajian nih, uangku yang kamu pinjam jadiin ATM berjalan aja ya” atau “asik abis gajian, jangan lupa transfer ya”. Pasti temen kalian langsung ingat hutangnya deh.
4.Cari Topik Obrolan Tentang “Tukang Ngutang”
image.png
Masih ada cara lain untuk mengingatkan teman yang suka hutang tentang “kewajibannya”. Saat Sahabat Poseed sedang hangout bareng, coba bahas tentang orang-orang menyebalkan yang susah membayar hutangnya atau malah galakan dia saat ditagih hutang. Bisa dimulai dengan “aku sebel deh sama si X kalau ditagih bayar utang banyak banget alesannya, kan aku juga ada keperluan”, “si X pernah pinjam uang sama gue, kalo dia pinjam jangan harap duit lo balik deh, galakan dia kalo ditagih”. Jangan lupa minta pendapat teman kalian soal orang-orang seperti ini, dijamin deh dia pasti gengsi dan ingat dengan hutangnya ke kalian.
5. Menjadi Lebih Religius
image.png
Kalau cara-cara diatas masih belum bikin teman kalian membayar hutangnya, saat ngumpul bareng cobalah Sahabat Poseed lebih religius saat membahas soal hutang. Misalnya Sahabat Poseed ingin beramal ke tempat ibadah, panti asuhan atau panti jompo setelah itu katakanlah bahwa Sahabat Poseed ingin menggunakan uang dari yang teman kalian pinjam. Dia pasti nggak akan menolak untuk membayar hutangnya deh tetapi jangan lupa digunakan untuk beramal ya. Apakah teman kalian masih ogah-ogahan untuk melunasi hutangnya? Sahabat Poseed bisa menggunakan headline sampul majalah-majalah religi seperti majalah Hidayah dan membahas hal mengerikan jika tidak melunasi hutang.
Bagaimana Sahabat Poseed, kira-kira mau mencoba cara yang mana nih? Jangan-jangan kalian sudah mencoba semua cara tersebut tetapi teman masih belum melunasi hutangnya? Mungkin harus di gertak dengan “aku laporin mama kamu nih, kalo belum lunasin hutangnya”. Ingat ya Sahabat Poseed, jangan sampai hutang piutang membuat retak hubungan pertemanan kalian ya.
Poseed Official:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jelly Grip Smartphone Tripod : Tripod yang Super Fleksibel

Ternyata Inilah Asal Usul Thai Tea yang Belum Banyak di Ketahui !

Lakukan Persiapan Ini Sebelum Datang ke We The Fest 2017